Monday, December 14, 2020

Materi Hadits Kelas 4 Madrasah Diniyah Takmiliyah

Materi Hadits Kelas 4 Madrasah Diniyah Takmiliyah

 

SEMESTER 1

 BAB I

Hadist Tentang Jujur

 

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ، فَاِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ اِلَى الْبِرِّ، وَاِنَّ الْبِرَّ يَهْدِيْ اِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا، ....(رواه مسلم)

Artinya:

“(wajib) atas kalian berlaku jujur, karena kejujuran akan membawa kepada kebaikan, kebaikan akan membawa kepada surga dan seseorang akan senantiasa jujur dan melakukannya sampai ia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur “  (HR. Imam Muslim)

 

BAB II

Hadits tentang Amanah

 

اَدِّ الْاَمَانَةَ إِلَى مَنِ  ائْتَمَنَكَ، وَلَاتَخُنْ مَنْ خَانَكَ (رواه ابو داود)

Artinya :

 ”Tunaikanlah amanah orang yang telah memberi amanah kepadamu dan jangan berhianatlah “(HR,Abu Daud)   

 

BAB III

Hadits tentang Tasamuh (saling menghargai)

 

اِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ،فَإِنَّ الظَّنَّ اَكْذَبُ الْحَدِيْثِ، وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَاتَحَسَّسُوْا وَلَا تَبَاغَضُوا، وَكُوْنُوْا إِخْوَانًا (رواه البخار)

Artinya:

            “ Berhati-hatilah kalian dari berprasangka, karena berprasangka sebohong-bohongnya pembicaraan, janganlah memata-matai dan janganlah mencari-cari (kesalahan) dan jangan saling membenci. Dan jadilah kalian sebagai saudara (sesama muslim) “ (HR. Imam Bukhori).

 

BAB IV

Hadist Tentang Malu

اَلْحَيَاءُ مِنَ الْاِ يْمَانِ (رواه مسلم)

Artinya:

“ Malu itu sebagian dari Iman “ (HR. Imam Muslim)

 

BAB V

Hadits tentang keutamaan membaca AL Quran

 

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوْتِ اللهِ تَعَالَى، يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ، اِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ،وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ ،وَذَكَرَ هُمُ االلهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ (رواه ابو داود)

Artinya ;

“Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam satu rumah dari rumah rumah Allah mereka membac kitab allah dan saling belajar diantara mereka kecuali akan turun atas mereka ketenangan,datang kepada mereka rahmat,dan para malaikat mengelilingi (mendoakan) mereka dan Allah SWT akan menyebut (memuji) mereka dihadapan makhluk yang ada di sekililingnya (HR.Imam Abu Dawud)

 

BAB VI

Hadits Tentang Menyantuni Anak Yatim

 

اَنَاوَكَافِلُ الْيَتِيْمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا , وَاَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالوُسْطَى، (رواه البخاري)

Artinya:

            “ saya dan orang yang merawat anak yatim di surge seperti ini dan beliau mmberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah “ (HR. Imam Bukhori)

 

 

SEMESTER 2

 

BAB VII

Hadits Tentang Menolong Sesama Muslim

 

الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ، لَا يَظْلِمُهُ، وَلَا يُسْلِمُهُ، مَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيْهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ بِهَا كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِماً سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ . (رواه البخاري)

Artinya:

            “ seorang muslim dengan muslim yang lainnya adalah saudara, maka tidak boleh menyakiti dan membiarkannya, barangsiapa yang peduli pada kebutuhan saudaranya, maka Allah akan peduli kebutuhannya, barangsiapa yang mau melapangkan dari seorang muslim satu kesusahan, maka Allah akan melapangkan ia dari berbagai kesusahan pada hari kiamat dan siapa saja yang mau menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat “ (HR. Imam Bukhori)

 

BAB VIII

Hadits Tentang Larangan Berbohong

.... وإِيَّاكُمْ والْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ، وإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ، ومَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ ويَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا, . (رواه مسلم)

Artinya:

            “Berhati-hatilah dengan kebohongan, karena kebohongan akan membawa kepada keburukan, keburukan akan membawa kepada neraka dan seorang akan senantiasa berbohong dan melakukannya sampai ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pembohong “ (HR. Imam Muslim)

 

BAB IX

Hadits Tentang Larangan Sombong

لَايَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ. (رواه مسلم)

Artinya:

            “Tidak akan masuk surga orang yang ada dalam hatinya seberat biji sawi (pun) dari sombong“ (HR. Imam Muslim)

 

BAB X

Hadits Tentang Larangan Berkhianat

اِذَا ضُيِّعَتِ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ. (رواه البخاري)

Artinya:

            “Jika suatu amanat sudah disia-siakan, maka tunggulah saat (kehancuran) nya“ (HR. Imam Al-Bukhori)

 

Pencarian: Materi Hadits Kelas 4 Madrasah Diniyah, Buku Hadits Kelas 4 Madrasah Diniyah, Buku Mata Pelajaran Hadits Kelas 4 Madrasah Diniyah

No comments:

Post a Comment