Materi Al-Qur'an Kelas 5 Madrasah Diniyah Takmiliyah
BAB I
Surah At Thariq (Yang datang dimalam Hari)
Asbaabun-Nuzuul
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat ini (S.86:2-5)
turun berkenaan dengan Abbil Assad yang berdiri di atas kulit yang sudah
disamak sambil berkata dengan sombong: "Hai golongan Quraisy, barangsiapa
yang bisa memindahkan aku dari kulit akan aku beri hadiah." Selanjutnya ia
berkata: "Muhammad menganggap bahwa penjaga pintu jahanam itu berjumlah
19. Aku sendiri sanggup mewakili kalian mengalahkan yang 10 dan kalian
mengalahkan yang 9 lagi." Ayat ini (S.86:2-5) turun sebagai sindirin
terhadap perbuatan mereka. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber
dari ‘Ikrimah.)
Penjelasan
Surat Ath Thaariq terdiri atas 17 ayat, termasuk
golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat AI Balad. Dinamai Ath
Thaariq (yang datang di malam hari) diambil dari perkataan Ath Thaariq yang
terdapat pada ayat surat ini.
Pokok-pokok
isinya:
Allah bersumpah dengan langit yang berbintang lagi
bercahaya di waktu malam. Cahayanya menembus kegelapan malam dengan kecepatan
cahaya pula. Juga bersumpah dengan langit yang mengandung hujan: Dengan kucuran
hujan, tanah menjadi subur. Dengan tanah yang subur tumbuh-tumbuhan akan
memberikan hasil yang berlipat ganda. Seluruhnya untuk sebesar-besar manfaat
bagi manusia.
Dia juga menciptakan manusia dari air itu
terpancar. Terpancar dari antara tulang sulbi dan tulang dada.” Kata al-shulb
berarti tulang punggung yang mempunyai ruas. Sedangkan kata al-taraib yang
berarti bagian dada wanita tempat kalung diletakkan. Air yang terpancar dari
Iaki-laki tersebut dengan sperma dan air yang terpancar dari perempuan disebut
dengan ovum; Pertemuan antara sperma dan ovum inilah yang menyebabkan terjadi
awal kejadian manusia.
Dengan mengetahui bahwa manusia tercipta dari air
mani, manusia akan percaya akan kekuasaan Allah, bahwa Allah kuasa menghidupkan
sesuatu yang mati. Dengan mengenal diri apa ia diciptakan, manusia akan
bersikap rendah hati. Dengan rendah hati, maka si kaya tidak akan menempuk
dada, si berpangakat tinggi tidak akan melangkah dengan pongah, si berdarah
biru tidak akan merasa besar kepala, si berilmu tinggi tidak akan bertindak sok
tahu, si penguasa tidak akan berbuat semena-mena. Bahkan lebih jauh dari itu,
manusia yang tahu siapa dirinya, akan mengenal siapaTuhannya.
Manusia tidak punya kuasa untuk menolak siksa atau
meraih pahala. Al Qur'an itu kalam Allah yang memisahkan antara haq dan batil,
bukan permainan. Orang-orang musyrik telah berbuat tipu daya untuk
menghancurkan kaum muslimin, tindakan semacam ini tentu akan membuat Allah
murka, Orang-orang kafir diberi waktu selama hidupnya di dunia.
علم تجويد
Mad ‘ Aridh
Lissukun ( مَدْ
عارض للسكون)
Disebut mad 'aridh, bila huruf mad atau huruf
layin bertemu dengan sukun yang terjadi karena wakaf. Dinamakan 'aridh karena
mad asli yang terdapat di akhir ayat dibaca sukun karena wakaf, jika di washal
dia tetap sebagai mad thabi'i.
Aturan membacanya boleh 3 macam: pendek (2
harakat), sedang (4 harakat), panjang (6 harakat). Contoh: (اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ)
BAB II
Surah Al Buruj (Gugusan Bintang)
Asbaabun-Nuzuul
Penjelasan
Surat AI Buruuj terdiri atas 22 ayat, termasuk golongan surat-surat
Makkiyyah diturunkan sesudah surat Asy-Syams.
Dinamai AI Buruuj (gugusan bintang) diambil dari perkataan Al Buruuj yang
terdapat pada ayat 1 surat ini.
Pokok-pokok isinya:
Setelah Allah bersumpah dengan makhluk ciptaan-Nya, Allah kemudian
mengisahkan kejahatan Ashab Al-Ukhdud yaitu raja Abthomus di Syam dan raja
Yusud yang membakar orang-orang mukmin di dalam lobang parit yang besar.
Perbuatan membakar manusia hidup-hidup tersebut adalah perbuatan yang tidak
manusiawi. Tindakan kejam ini dilakukan hanya semata-mata karena orang-orang
beriman itu mengakui Allah sebagai Tuhan mereka.
Dengan keimanan sekokoh baja, mereka menanggung
resiko tersebut demi mempertahankan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya.
Balasan bagi orang-orang kafir yang telah
mendatangkan fitnah bagi orang-orang mukmin laki-Iaki dan perempuan akan
mendapat siksaan. Apa lagi bila tidak bertobat dari keingkaran mereka untuk
membangkang kepada ajaran Allah dan Rasul-Nya tidak bertobat dari kebohongan
yang telah mereka lakukan terhadap petunjuk yang dibawa oleh Nabi dan Rasul
Allah. Mereka akan dimasukkan ke dalam neraka jahannam.
Hal tersebut sudah pernah dialami oleh Fir'aun dan
bala tentaranya dalam jumlah yang tidak sedikit dengan perlengkapan senjata
yang cukup dan kuda-kuda yang berlari dengan kencang semuanya tenggelam di laut
Merah. Demikian pula ”kaum Tsamud, yakni kaum yang kepada mereka Allah mengirim
Nabi Saleh. Allah menurunkan azab berupa halilintar dahsyat yang membakar seluruh penduduk dan mengahancurkan
seluruh bangunan yang ada sehingga kaum Tsamud lenyap dari sejarah.
Sedangkan orang-orang beriman dan beramal saleh
akan mendapat balasan kenikmatan surga tiada tara yang mengalir sungai-sungai
di bawahnya. Mereka kekal di dalamnya, karena mereka sudah mempertahankan
keimanan mereka itu, walaupun nyawa berpisah dari badan. Keimanan adalah
fondasi jiwa yang memberi kekuatan rohani serta kekuatan semangat untuk
memasuki arena perjuangan
علم تجويد
Mad Lazim
Harfi ( مَدْ
لَازِمْ حَرْفِي
)
Disebut mad lazim, hila mad thabi'i bertemu dengan sukun yang tetap ada
baik dalam keadaan washal alau wakaf, baik dalam 1 kata ataupun tidak.
Dinamakan lazim (harus), karena mad tersebut harus dibaca 6 harakat dan
keharusan adanya sukun, baik ketika washal ataupun wakaf. . Dinamakan harfi
karena sukun asli tersebut terdapat setelah humf mad. Hal ini terdapat pada
huruf-huruf hijaiyah yang terletak di awal beberapa surat Dinamakan mutsaqqal
karena berat mengucapkannya akibat adanya tasydid pada sukun tersebut.
Aturan membacanya
wajib panjang, 6 harakat Contoh, humf lam dalam: (الم)
Mad Lazim
Harfi Musyba'(مد
لازم حرفي مشبع)
Mad Lazim Mutsaqqal Harfi, adalah Mad thabi'i yang bertemu dengan sukun
asli (bukan karena wakaf) pada salah satu huruf hijaiyah yang bertasydid.
Mad Lazim
Harfi Mukhaffaf (مد
لازم حرفي مخفف)
Mad thabi'i yang bertemu dengan sukun asli pada salah satu huruf hijaiyah yang tidak bertasydid.
Dinamakan mukhaffaf karena ringan mengucapkannya
akibat tidak adanya tasydid dan ghunnah pada mad itu. Contoh, huruf mim dalam: الم
Catatan: huruf hijaiyah yang terdapat pada permulaan surat ada 14 huruf, yaitu
yang tergabung dalam kalimat: (صله سحيرا من قطعك)
lni terbagi ke dalam 4 bagian:
Pertama, yang jumlah hurufnya ada 3, dimana huruf mad terletak di tengah-tengah.
Ada 8 huruf yang termasuk dalam bagian ini, yaitu yang tergabung dalam kalimat:
(نقص عسلكم)
Bagian pertama ini aturan membacanya panjang, 6
harakat.
Kedua, jumlah hurufnya ada 3, dimana huruf layin tedetak di tengah -tengah,
yaitu huruf 'ain. Bagian kedua ini boleh dibaca panjang, 4 atau 6 harakat.
Ketiga, jumlah hurufnya ada 2, dimana yang kedua adalah huruf mad. Hurufnya ada
5, yaitu yang tergabung dalam kalimat: (حي طهر) Bagian
ketiga ini aturan membacanya sama dengan mad thabi'i, yaitu 2 harakat.
Keempat, jumlah hurufnya ada 3 dan tidak terdapat huruf mad di tengah-tengahnya.
Hurufnya hanya 1, yaitu alif. Aturan membacanya adalah biasa, tidak terdapat
mad.
UJI KOMPETENSI
1.
Surat Al Buruj terdiri dari ... ayat
2.
Arti Al Buruj adalah ....
3.
Surat Al Buruj diturunkan di kota ....
4.
Arti wa syahidin wa masyhud adalah ....
5.
Ashabul ukhdud artinya ....
6.
“Berbuat apa yang dikehendaki” adalah arti dari ....
7.
Sebutkan intisari ayat Al-Qur’an Surat Al-Buruj!
8.
Sebutkan arti mad Lazim Harfi Musyba’!
9.
Apa yang dimaksud dengan Mad Lazim Harfi
Mukhoffaf?
10.
Tuliskan contoh Mad Lazim Harfi Musyba’ dan Mad
Lazim Harfi Mukhoffaf!
BAB III
Surah Al Insyqaq (Terbelah)
Asbabun-Nuzul
Penjelasan
Surat Al Insyiqaaq, terdiri atas 25 ayat, termasuk
golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Infithaarr. Dinamai
AI Insyiqaaq (terbelah), diambil dari perkataan lnsyaqqaq yang terdapat pada
permulaan Surat ini,yang pokok katanya ialah insyiqaaq.
Pokok-pokok isinya:
Peristiwa-peristiwa pada permulaan terjadinya hari
kiamat; peringatan bahwa manusia bersusah payah menemui Tuhannya; dalam menemui
Tuhannya kelak ada yang mendapat kebahagiaan dan ada pula yang mendapat
kesengsaraan; tingkat-tingkat kejadian dan kehidupan manusia di dunia dan diakhirat.
Surat ini menerangkan bahwa manusia akan
dihadapkan kepada Allah nanti di hari kiamat untuk mempertanggungjawabkan
segala amal perbuatannya. Yaitu dimana pada waka itu langit terbelah, bumi telah
hancur dan berganti jadi rata dan manusia-manusia yang berada dalam kubur akan
dibangkitkan.
Orang-orang yang menerima catatan amalnya di
tangan kanan adalah termasuk golongan selamat dan bahagia menjadi ahli surga.
Adapun yang menerima catatan amalnya dengan tangan kiri adalah termasuk
golongan orang-orang yang celaka dan akan dimasukkan ke neraka, karena hidupnya
di dunia ini hanya mengumbar hawa nafsu, tidak takut kepada Allah sehingga
tidak mau beriman dan beribadah kepada-Nya, dan menyangka tidak akan dihidupkan
lagi dan tidak akan dihisab di akhirat
Manusia akanf'melalui berberapa tahap semenjak
kehidupan dunia sampai mahsyar sampai ke surga ataukah ke neraka. Sangat amat kaget
bagi orang'yang mendustkan al-Qur'an dan terhadap Nabi,
padahal semua itu diketahui dengan pasti oleh
Allah. Orang yang tidak beriman harus diberi tahu bahwa akan dimasukkan ke
neraka (jika masih tidak beriman), dan orang-orang yang beriman dan beramal
sholih akan dimasukkan ke dalam surga.
علم تجويد
Mad Mutsaqqal
Kalimi ( مد
لازم مثقل كلمي)
Yang dimaksud dengan istilah ini adalah mad
thabi'i yang bertemu dengan huruf yang bertasydid dalam 1 kata. Aturan
membacanya wajib panjang, 6 harakat. Dinamakan mutsaqqal .karena berat
mengucapkannya .sebagai akibat terdapatnya tasydid pada huruf yang sukun.
Contoh, huruf alif dalam: (الضَّالِّينَ),
dari firman Allah Taala: (غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ)
Mad Mukhaffaf
Kalimi ( مد
لازم مخفف كلمي)
Yang dimaksud dengan istilah ini adalah mad
thabi'i yang bertemu dengan huruf yang sukun (tetapi tidak bertasydid) dalam
satu kata. Aturan membacanya wajib panjang, 6 harakat.
Dinamakan mukhaffaf karena mengucapkannya ringan
dan mudah sebagai akibat tidak adanya tasydid dan ghunnah pada mad itu. Dinamakan
kalimi (kata) karena sukun asli dan mad thabi’i itu terdapat dalam 1 kata.
Contoh: (آلْآنَ) pada 2 tempat dalam surat
Yunus, masing-masing pada ayat 51 dan 91.
Mad Lin (مد لين)
Mad artinya panjang, dan Lin atau Layin artinya
lunak. Menurut istilah, mad Layin adalah apabila huruf wau dan ya sukun dan
huruf sebelumnya berharkat fathah.
Panjang Mad Lin: 2, 4, 6 Harokat.
Contoh: (مِنْ خَوْف- وَالصَّيْف)
Catatan : Mad Lin dibaca panjang apabila diwaqafkan.
Apabila diwashal, maka jangan dipanjangkan;
UJI KOMPETENSI
1.
Surat AI-Insyiqaq terdiri dari .... ayat
2.
Arti AI Insyiqaq adalah ....
3.
SuratAl Insyiqaq diturunkan di kota ....
4.
Arti wa idzal ardlu muddat adalah ....
5.
”Bagi mereka pahala yang tidak
putus-putusnya" adalah arti dari ....
6.
Sebutkan intisari ayatAl Quran Surat Al lnsyiqaq !
7.
Sebutkan arti mad Lazim Mutsaqqol Kalimi!
8.
Apa yang dimasud dengan mad Mukhoffaf Kalimi?
9.
Arti mad Layin adalah ....
10.
Tuliskan masing-masing contoh Lazim Mutsaqqol Kalimi,
Mad Lazim Mukhoffaf Kalimi, dan mad Layin!
BAB IV
Surah Al Muthaffifin (Orang-orang yang Curang)
Asbabun-Nuzul
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Rasulullah
saw. sampai ke Madinah, diketahui bahwa orang-orang Madinah termasuk yang
paling Curang daIam takaran dan timbangan. Maka Allah menurunkan ayat ini (S.83:1,2,3)
sebagai ancaman kepada orang-orang yang curang dalam menimbang. Setelah ayat
ini turun orang-orang Madinah termasuk orang yang jujur dalam menimbang dan
menakar. (Diriwayatkan oleh an-Nasa'i dan 'lbnu Majah dengan sanad yang shahih
yang bersumber dari lbnu Abbas.)
Penjelasan
Surat ini terdiri atas 36 ayat, termasuk golongan
surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al 'Ankabuut dan merupakan
surat yang terakhir di Mekkah sebelum hijrah. AI Muthaffifin yang dijadikan
nama bagi surat ini diambil dari kata Al Muthaffifiin yang terdapat pada ayat
pertama.
Pokok-pokok isinya:
Allah mencela kebiasaan buruk orang-orang
Muthaffifin yakni orang-orang melakukan kecurangan dalam melakukan takaran dan
timbangan. Bila mereka sebagai penjual, maka mereka mengurangi takaran dan
timbangan. Sebaliknya bila mereka segabai pembeli, mereka meminta supaya
takaran dan timbangannya dilebihkan.
Orang-orang Muthaffifm itu adalah orang-orang
Fujjar, yakni orang-orang yang melampaui batas dari garis-garis aturan
kehidupan yang telah diwahyukan oleh Allah SWT. Semua perbuatan mereka di dunia
tercatat dengan akurat dan rinci di dalam Sijjin. Oleh sebab itu tempat meraka
yang layak adalah di nerakaJahim.
Sebaliknya orang-orang Abrar, yakni orang-orang
yang mengikuti dan melaksanakan petunjuk dan ajaran yang disampaikan oleh Para
Nabi dan Rasul dan mereka melakukan amal shaleh di atas dunia. Rekam jejak amal
mereka terdokumentasikan di dalam 'Illiyyin. Untuk itulah mereka mendapat
anugerah surga dengan kenikmatan tiada tara;
Orang-orang yang telah berbuat dosa yang takkabur
waktu di dunia, yang suka memperolok-olok terhadap orang Mu'min, tentu nanti di
akhirat akan mendapat balasan. Orang-orang Mu'min yang dulunya di dunia dihina,
akan ditempatkan di tempat yang agung lagi mulia yang akan diperlihatkan kepada
orang-orang yang dulu waktu di dunia suka menghina dan memperolok-olok orang
Mu'min itu. Orang yang takabur waktu di dunia itu akan dimasukkan ke dalam
neraka dengan penuh kehinaan.
علم تجويد
Mad Shilah ( مد صله)
Mad asli atau thabi'i bisa terjadi pada shilah
shughra, yaitu huruf wau kecil yang terdapat setelah ha dhamir yang berbaris
dhammah dan ya kecil yang terdapat setelah ha dhamir yang berbaris kasrah.
Agar ha dhamir bisa disambung dengan wau atau ya,
maka disyaratkan agar huruf itu halus terdapat di antara 2 huruf yang berharakat
seperti: (اِنَّه هُوَ-بِه
بَصِيْرًا)
Dalam hal ini wau dan ya dibaca panjang 2 harakat
(dengan syarat tidak terdapat huruf hamzah pada kata lain) ketika washal,
sedangkan ketika wakaf tidak dibaca panjang.
Mad Farqi ( مد الفرق)
Farq artinya pembeda (membedakan), secara istilah
Mad Farq adalah bacaan yang berfungsi untuk membedakan kalimat istifham
(pertanyaan) dan Khabar (keterangan). Karena jika tidak dibedakan dengan mad,
kalimat istifham akan disangka kalimat khabar, padahal hamzah tersebut adalah
hamzah istifham.
Contoh: (قُلْ ءَآلذَّكَرَيْنِ - قُلْ ءَآللَّهُ)
Panjang Mad Tamkin, 6 harokat.
Mad Tamkin (مد التمكين)
Tamkin artinya penekanan. Mad Tamkin menurut
Istilah adalah bertemunya dua huruf Ya (dalam satu kata). Ya pertama berharokat
kasroh dan bertasydid, sedangkan Ya kedua berharokat sukun atau mati.
Contoh: (حُيِّيْتُمْ-وَالنَّبِيِّيْنَ)
Panjang Mad
Tamkin, 2, 4, atau 6 harokat.
UJI
KOMPETENSI
1.
Surat Al Muthaffifin terdiri dari .... ayat
2.
Arti Al Muthaffifin adalah ....
3.
Surat Al Muthaffifin diturunkan di kota …
4.
Alal arooiki yanzhuruun adalah ....
5.
“(yaitu) Kitab yang bertulis” adalah arti dari ....
6.
Sebutkan intisari ayat Al Quran Surat Al Muthaffifin
!
7.
Sebutkan pengertian mad Shilah!
8.
Apa yang dimasud dengan mad Farqi?
9.
Apa yang dimaksud dengan mad Tamkin?
10. Tuliskan masing-masing
contoh mad Shilah, Mad Farqi. dan mad Tamkin!
Materi Diniyah Al-Qur'an Kelas 5, Buku Diniyah AL-Qur'an Kelas 5, Buku MDT Al-Qur'an Kelas 5,
I like this and now i can study evrywere😊 thak you🤗😇
ReplyDeleteBagu_sssssss_
ReplyDelete